Solaris Siap Rilis Bus 15 Meter, URBINO 15 LE Lihat Detailnya


Ini dia bus 15 meter terbaru dari Solaris Urbino 15 LE yang akan diluncurkan pada 2020 ini, bus tiga poros zero emisi ini karena merupakan bus listrik berteknologi tinggi. Yuk simak detail bus listrik Solaris Urbino 15 LE ini apa saja spesifikasi dan foto lebih lengkapnya.
Saat ini perkembangan bus di dunia memang sudah mulai fokus mengembangkan bus yang ramah lingkungan (Zero Emission), berbeda dengan di Indonesia yang masih sebatas pembuatan bodi karena memang saat ini hampir semua mesin dan sasis masih mengunakan produk dari luar negeri.
Meski pun begitu di Indonesia sebenarnya juga sudah ada pengembangan bus listrik, yang biasanya kerja sama antara APM, Karoseri dan instansi (perseorangan/universitas)
Solaris Urbino 15 LE
Urbino versi 15 meter juga akan dipersiapakan untuk transportasi antar kota, karena bus ini akan disertifikasi dan ditawarkan untuk spesifikasi kendaraan kelas I (bus kota) dan untuk kendaraan kelas II (bus antar kota). 
Bus ini ditenagai oleh mesin ZF CeTrax dan didukung dengan Solaris high energy + baterai sesuai dengan kebutuhan pasar dan juga kebutuhan untuk bus listrik saat ini.
Solaris Urbino 15 LE ini juga akan membawa total 6 baterai, yang empat buah akan diletakan dibagian belakang bus dan yang dua akan diletakan pada bagian atas bus dengan total 470 kWh.
Bus tiga poros ini memiliki pendingin liquid untuk mendinginkan motor listrik ZF CeTrax 300 kW. Dan posisi driveline akan diletakan pada poros kedua.
Penghematan Energi
Saat ini dibutuhkan bus yang bukan hanya nyaman dan aman, melainkan bus yang juga hemat energi. Oleh karena itu Solaris Urbino juga menerapkan teknologi SiC diarea penggerak bus agar bus ini lebih hemat energi.
Standar Skandinavia
Untuk dua model pertama Solaris Urbino akan dibuat menggunakan standar Skandinavia, dimana nantinya akan dipasarkan untuk operator di negara-negara tersebut.
Karena didaerah tersebut memiliki iklim dengan suhu dingin maka bus ini akan disesuaikan agar dapat berkerja lebih optimal pada suhu dingin, selain itu untuk pengoptimalan juga dilakukan dalam sisi pencahayaan dan juga jenis kursi bagi penumpang.
Pengoptimalan Energi
Agar bus ini hemat energi, maka perlu juga dilakukan pengoptimalan konsumsi energi motor listrik, maka dari itu ditambahkan pemanas hybrid menggunakan pompa panas khusus untuk daerah yang bersalju. 

MirrorEye & MobilEye Shield
MirrorEye
Miroreye

Urbino sudah menerapkan Collision Mitigation System (CMS) dimana sistem ini merupakan sistem pengereman cerdas menggunakan kamera sebagai cermin spion dan radar agar sistem pengereman lebih optimal.
Dengan menggunakan sistem kamera ini tentu pengemudi tidak perlu repot mengatur posisi cermin spion, karena kamera ini sudah dapat menampilkan ruang yang lebih luas dan lebar.
Selain itu agar kamera dapat berkerja maksimal didaerah super dingin (bersalju) maka kamera ini juga dihangatkan agar tidak membeku atau berkabut ketika kondisi dingin.
MobilEye Shield
Kemudian ada tambahan MobilEye Shield yang memungkinkan pengemudi mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang tidak tampil pada spion.
Sistem peringatannya akan muncul dalam bentuk sinyal akustik dan peringatan visual.
Perangkat ini akan memperingatkan pengemudi untuk waspada jika ada pejalan kaki dan pengendara sepeda dalam jarak 80 cm dari bus.
Keuntungan lain dari MobilEye Shield ini adalah untuk memperingatkan batas kecepatan kepada pengemudi pada layar.
Kapasitas
Bus listrik low entry akan tersedia dengan dua pintu (2-2-0) atau tiga pintu (2-2-1). Kapasitas tempat duduk penumpang akan berjumlah 55 orang untuk kendaraan kelas II.

Foto-Foto Solaris Urbino 15 LE
Tampilan Depan Solaris Urbino
Tampilan Eksterior
Penampilan eksterior Solaris sudah menjadi ciri khas, yaitu pada bagian depan selalu didesain miring sehingga terlihat lebih unik dan berbeda dengan produk dari produsen lain seperti Daimler atau Irizar. Selain itu menggunakan modeal headlamp yang simple namun elegan.
Solaris Urbino 15 LE ini terlihat simple tidak banyak ornamen-ornamen, hanya pada bagian fender wheel dibuat dengan warna berbeda dan tidak dibuat setengah lingkaran namun ada sisi-sisi menyudut. 

Solaris Urbino Eksterior
Bagian Samping

Pada bagian Interior bus ini pun juga dibuat layakanya bus kota dan juga ramah bagi penyandang disablitas, dan juga terdapat tombol bel untuk memberitahukan pengemudi ketika penumpang ingin turun.


Interior Urbino 15 LE
Interior
Tampil lebih elegan dengan pintu yang lebar pada bagian depan dan tengah, serta spionnya pun dibuat berbeda pada bagian kanan dan kiri untuk memaksimalkan pandangan pengemudi.


Foto Solaris Urbino

Nah itu tadi Solaris Urbino 15 LE semoga dapat menambah ide dan pengetahuan karoseri di Indonesia, dimana bus diluar negeri lebih mengutamakan fungsi dan fitur keselamatan yang lebih baik.
Jika infomasi ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan ke sosial media, dan jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar.

Sumber : Busworld, www.sustainable-bus.com

Baca juga :





LihatTutupKomentar