Cara Bus AKAP Tetap Bertahan Ditengah Corona

Bus AKAP Jakarta Jogja

Inilah cara bus AKAP tetap bertahan ditengah pandemi virus Corona yang menjadikan bisnis transportasi mati suri beberapa bulan ini.
Keberlangsungan operasional perusahaan harus tetap jalan terus meski ada pembatasan kegiatan untuk mengurangi penyebaran virus mematikan ini.

Perusahaan Bus Harus Bertahan

Hampir semua pemilik perusahaan segala bidang dan khususnya perusahaan otobus di Indonesia dan dunia seakan harus memutar otak ketika semua kegiatan harus terhenti.
Dibidang transportasi khususnya banyak masyarakat yang menahan diri untuk tidak bepergian jika bukan kegiatan yang penting dan mendesak.
Dengan tidak adanya kegiatan mobilitas masyarakat tentunya perusahaan jasa transportasi juga akan menjadi imbas.
Bahkan akibat hal ini merambat kesegala aspek mulai dari penjualan tiket menurun, semua pesanan sasis bus, karoseri dan segala macam kebutuhan part untuk membuat bus pun semua harus ditangguhkan sampai dengan waktu yang tidak bisa ditentukan.

Dilema Berhenti atau Tetap Jalan

Dilema pun datang menghantui ketika semua kegiatan usaha jasa transportasi harus dipaksa berhenti dan menurun.
Jika tetap dipaksa berkerja tentu resiko virus ini juga berbahaya dan pengguna transportasi pun juga turun drastis.
Namun disatu sisi perusahaan transportasi khususnya bus juga memiliki tanggung jawab untuk terus memberikan penghidupan kepada karyawan yang memiliki keluarga.
Dari hal inilah yang membuat harus memikirkan sesuatu agar tetap bisa tetap jalan meski tidak dalam kecepatan penuh.

Tidak Ada Mobilitas Manusia Tapi Distribusi Barang

Jika dilihat dari keadaan saat ini masih ada transaksi jual beli barang kebeberapa kota meski sedikit tersendat.
Transaksi jual beli barang secara online tetap membutuhkan jasa transportasi untuk mengantarkan barang dengan cepat.
Nah hal inilah yang dapat menjadi solusi sementara untuk tetap bertahan ditengah sepinya penumpang agar perusahaan tetap dapat menghidupi karyawan tanpa perlu melakukan pengurangan (PHK).

Pengiriman Paket PO. Sumber Alam

Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus malam PO. Sumber Alam yang mulai gencar mempromosikan jasa ekspedisi dengan busnya.
PO Sumber Alam banyak melayani penumpang lewat jalur selatan dari Jogja menuju jakarta, dan merupakan perusahaan otobus kebanggan warga Purworejo.

Untuk lebih jelasnya dapat membaca : Sejarah dan Profil PO. Sumber Alam

Ekspedisi SMS 

PO Sumber Alam menamakan pengiriman barang menggunakan busnya dengan singkatan SMS (Satu Malam Sampai) ya karena memang bus berangkat sore pagi pasti sudah sampai kelokasi untuk jurusan Jogja - Jakarta.

Prosedur Pengiriman Barang Dengan Bus

Untuk mengirimkan barang menggunakan bus Sumber Alam maka Anda perlu mengetahui prosedurnya agar barang yang Anda kirimkan dapat sampai dengan kondisi aman.
  1. Lihat Rute perjalanan yang dilalui bus Sumber Alam
  2. Pastikan paket yang dibawa memenuhi standart Sumber Alam
  3. Tulis alamat pengirim dan penerima lengkap dengan nomor handphone yang bisa dihubungi

Kententuan Kirim Paket

  1. Barang yang dapat dikirim adalah dokumen, barang, sembako, sepeda, motor, TV dan pastikan ukurannya masih masuk dalam bagasi bus.
  2. Bukan barang-barang yang melanggar hukum dan berbahaya (butuh pengemasan khusus)
  3. Paket tidak diantar kerumah (tujuan) melainkan hanya diantar sampai agen terdekat dikota Anda.
  4. Jika Anda ingin mengambilnya tanpa harus keagen mungkin dapat menanyakan ke nomor CS Sumber Alam, (Misal Anda ingin menunggu busnya / menghadang bus ditengah jalan karena rute dilalui) 

Kontak Pengiriman Barang Sumber Alam

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap silakan menghubungi nomor Customer Service Sumber Alam mengenai teknis pengiriman barang.

Kontak : 0811-259-318

Bagi Anda yang berminta mengirim barang atau memiliki toko online juga dapat menggunakan jasa ini karena jelas lebih cepat dari pada ekspedisi.

Dilema Bus Pariwisata

Namun untuk perusahaan bus pariwisata yang harus lebih banyak memutar otak karena tidak ada personal / instansi yang melakukan wisata /kegiatan outdoor secara kelompok.

Mungkin hal yang dapat dilakukan adalah dengan evaluasi management dan strategi bisnis, serta banyak-banyak mempersiapkan konten marketing.
Karena disaat tidak dapat melakukan banyak hal dalam operasional bus pariwisata maka perusahaan bus (PO) atau bahkan biro perjalanan bus harus lebih fokus dalam menjaring calon penyewa ketika kondisi sudah kembali baik.
Sebagai contoh yang dilakukan oleh salah satu Biro perjelanan di Semarang yang sedang mengadakan kontes lomba SEO website.
Hal ini tentunya bertujuan agar ketika kondisi pasar pariwisata sudah kembali normal maka promosinya sudah kuat dan tinggal memanennya.
Simak beberapa konten yang ditawarkan oleh Biro Sewa Bus Semarang semoga menginspirasi Anda.

Nah itu tadi informasi mengenai cara bus AKAP tetap bertahan ditengah corona semoga dengan hal ini meski harus tetap mengutamakan SOP penanganan Covid 19 semua bisa tetap bisa betahan hidup.
Dan mari bersama-sama berdoa agar kondisi ini segera pulih seperti sedia kala karena kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Oleh itu, jangan kuatir tentang hari esok.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.
Baca juga Artikel Menarik Lainnya:



LihatTutupKomentar