Silahkan kirim Disain Bus, truck, minibus 2D/3D, Artikel , Foto dan Inovasi Anda seputar Karoseri bus / truck kepada kami Disini
Home » , , » Tokoh Dibalik Legacy Sky (SR-1) Karoseri Laksana

Tokoh Dibalik Legacy Sky (SR-1) Karoseri Laksana

Senior Designer Karoseri Laksana
Tahukah Anda siapa tokoh dibalik bus Legacy Sky, Discovery dan bus-bus dari karoseri laksana lainnya? berikut ini team Karoseri Indonesia telah berhasil mewawancarai Senior Designer Karoseri Laksana yang telah menghasilkan model-model bus terkenal di Indonesia. Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang desainer bus ada baiknya Anda ikuti hasil wawancara kami dengan Bapak Kus Ririn yang biasanya disapa Pak Ririe. Sebelum lebih jauh mengenai wawancara kami ada baiknya kita berkenalan dahulu dengan beliau berikut sedikit profil singkat Bapak Ririe dan juga Sket Design Bus yang dikirimkan kepada Karoseri Indonesia dari pak Ririe.
Nama: Kus ririn (Ririe)
Tempat Tanggal Lahir : Batang, 9 Juli 1973
Pendidikan Terakhir  : Desain Interior

Nah berikut hasil wawancara kami via email dengan senior designer Karoseri Laksana.

KI : Karoseri Indonesia
R : Ririe

KI : Menurut bapak apakah yang menarik dari sebuah kendaraan bus?
R : Bagi saya bis mempunyai daya tarik sendiri.dibanding kendaraan lain (selain bis), bentuk memang kotak tapi disisi lain sangat mengundang daya tarik tersendiri.
Tidak mudah mendesain bis atau kendaraan lain, karena design yang dianggap berhasil itu adalah design yg dapat "menarik" perhatian. Bagi saya kalau desain yang boleh dikatakan berhasil jika desain tersebut menarik orang untuk melihatnya, tentunya secara detail.
Bagi saya bis itu unik, dimana kita harus sebisa mungkin mengubah bentuk kotak/Balok menjadi bernilai lebih.

KI :  Sejak kapan bapak menyukai kendaraan bus?
RDari kecil saya sudah suka bis, yang awalnya hanya suka gambar bis walaupun hanya sebatas tampak samping. 

KI : Kapan bapak pertama kali mendisain bus dan disain bus bapak pertama kali yang diwujudkan menjadi bus sungguhan model apa? 
R : Tahun 2000 saya masuk Karoseri Laksana. Pertama kali mendesain bus PO. AO Transport tapi hanya tampak samping saja dan waktu itu tidak ada namanya (Tanpa Branding).

KI : Model Bus apa saja yang sudah terwujud dari disain bapak?
R : Bis yang sudah terwujud dari tahun 2001- 2013  antara lain:
  • Panorama 2
  • Panorama 3
  • Panorama DX
  • Sprinter
  • Proteus
  • Nucleus (medium)
  • Nucleus 2
  • New Proteus
  • Sonic(medium)
  • City line (Low deck)
  • Tourista (medium)
  • Discovery
  • Legacy 
  • Legacy SR-1
  • All New Legacy Sky (Terbaru 2013)
  • Model untuk BRT dan Bis Gandeng.
KI : Bus luar negeri yang paling bapak suka dan menjadi inspirasi?
R : Saya lebih suka Neoplan karena bentuk detailnya sangat menarik untuk bagian Eksterior. Tapi Kalau untuk Interior saya cenderung lebih tertarik ke SETRA sangat eksklusif dilihat dari kombinasi bentuk desain maupun bahannya.

KI : Bisa jelaskan cara memulai untuk belajar mendisain bus?
R : Mendesain tidak hanya sebatas mencoret, tapi semua dimulai dari hati karena desain adalah "Rasa" dan satu lagi harus yakin dan bisa "sedikit berkhayal", harus bisa membayangkan menjadi "Asli" nya.
Tentunya dengan segala pertimbangan yang menyangkut proses pembuatannya, artinya kita tidak bisa berlebihan dalam menuangkan ide, harus menyesuaikan dengan keadaan atau dimasa saat kita sedang mendesain sebuah bus.

KI : Apa saja yang perlu di perhatikan dan dipelajari dalam mendisain bus?
R : Pertama kita harus menciptakan karakter desain itu sendiri, peruntukan desain juga harus lihat "bis ini digunakan sebagai atau untuk bis Apa?
Contohnya, kita nggak bisa mencampur adukan model bis AKAP digunakan untuk bis CityLine atau bis kota harus sendiri-sendiri modelnya,
Selain itu yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui segi teknis yang berhubungan dengan konstruksi dan proses yang berhubungan dengan chasis.
Contohnya, kebutuhan akses maintanance, air intake, sesuai kebutuhan dan aturan teknis pada setiap chasis.
Dan yang paling penting dalam mendesain bis jangan "berlebihan" karena desain tidak akan berumur lama alias membosankan dan hanya menarik pada waktu launching perdana.

KI : Tips dan trik mendisain bus?
R : Bagi saya, bekerja adalah sekolah kreatif, yakin dan sepenuh hati itu moto saya.
Nah itu tadi hasil wawancara Karoseri indonesia dengan Senior Designer Karoseri Laksana Bapak Ririe semoga bisa menambah wawasan dan mengisnpirasi pembaca yag ingin menjadi seorang designer bus.

Dan ini adalah sket design bus yang dikirimkan oleh Bapak Ririe kepada Karoseri Indonesia ini merupakan sket tangan design bus yang diberi nama RAJA, Wah... nama yang sangat Istimewa pastinya design bus ini mungkin nantinya yang akan menjadi Raja jalanan di indonesia jika dapat diwujudkan menjadi bus sesungguhnya.

Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana)
Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana)

Penilaian Karoseri Indonesia,  design bus Raja pada dasarnya tidak jauh dengan Legacy Sky, hal ini tampak pada selendang atau garnis yang menjadi ciri khas Legacy Sky (SR-1), juga pada kaca depan bus yang menyatu dengan cat pada grill depan dan pemaduan yang harmonis dengan head lamp yang tampak galak (sipit) ditambah dengan foglamp yang menambah kegarangan karakter Bus Raja.





Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana) Front
Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana)

Pada bagian belakang Bus Raja memiliki model lampu belakang yang berbentuk segitiga dengan LED sein di tegah stop lamp mengapit kap engine belakang  dan menyatu dengan kaca bus bagian belakang menambah kesan galak, dan juga pada kisi-kisi engine juga sudah tidak monoton berbentuk kotak simetris melainkan sudah di poles sehingga lebih menarik untuk dilihat.



Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana) Rear
Design bus Raja by Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana)


Nah bagaimana menurut Anda? tertarik untuk mendisain bus? Silahkan kirimkan disain bus Anda kepada Karoseri indonesia. Semoga bermanfaat :)
Bagikan artikel :

11 komentar :

  1. Balasan
    1. Namanya juga yang buat designer legacy Sky mas, pastinya ya ga jauh-jauh amat.. ya mungkin dari sket bus ini kedepan bisa di realisasikan menjadi bus legacy sky terbaru karoseri laksana.. kita tunggu saja mas :)

      Hapus
  2. Aku pengen Design Bus yg aku buat jadi kenyatan dan di kenal banyak orang sampai ke luar negri, kayak ms.Ririe (Senior Designer Karoseri Laksana)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah harus semangat belajar mas biar jadi desiner handal seperti pak ririe :)

      Hapus
  3. oh ternyata Desainer Laksana "wong mBatang" to.....
    salam sukses dari wong Limpung-Batang.....
    btw kapan ada rencana Buat desain Legacy SKY SR-2....???

    BalasHapus
  4. Pak Ririe emang jos
    (Teman sepabrik beda bagian beda jabatan)
    Hahahahahaha.

    BalasHapus
  5. Pak Ririe memang jos
    Teman sepabrik
    (Beda bagian beda jabatan)
    Hahahahahahahahahahaha

    BalasHapus
  6. desain yang bagus adalah desain yang bisa menarik perhatian orang tp yg paling penting " ORIGINAL ".salut buat desainya..

    BalasHapus

 
Support : Karoseri Indonesia | Twitter | Facebook
Copyright © 2013. KAROSERI INDONESIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
-->