Silahkan kirim Disain Bus, truck, minibus 2D/3D, Artikel , Foto dan Inovasi Anda seputar Karoseri bus / truck kepada kami Disini
Home » , , » Mercedes Benz Travego Sang Legenda | #Part1

Mercedes Benz Travego Sang Legenda | #Part1

Mercedes Benz Travego Sang Legenda
Jetbus / Royal Coach dari karoseri Adiputro memang sangat sukses di tahun 2012 hingga 2013 ini dengan brand produknya Royal Coach (dikenal Jetbus) dan saat ini banyak di pakai oleh kebanyakan perusahaan otobus di Indonesia. Kali ini kami akan membahas lebih jauh tentang model bus dari karoseri Adi putro, karena dari banyak pertanyaan di twitter dan fans page kami beberapa penggemar bus di Indonesia belum mengerti sebenarnya model bus Royal coach (dikenal jetbus) dari karoseri Adi putro adalah hasil adopsi dari model originalnya yaitu dari Mercedes Benz Travego. Tetapi model ini tidak mutlak di adopsi oleh karoseri Adi putro saja, hampir semua karoseri besar di Indonesia misalnya New Armada, Morodari Prima, Tentrem, Rahayu Sentosa, Laksana, Tugas Kita, Trijaya Union hingga karoseri kecil semisal karoseri Agustus juga ikut mengadopsi model dari Mercedes benz Travego. Jadi mari kita telusuri lebih jauh satu persatu, dan jangan lupa ikut serta dalam pembahasan kami dengan mengoreksi atau menambahkan jika ada yang kurang sesuai agar informasi yang diberikan lebih akurat.

Kita mulai dengan kapan Travego di Lahirkan?


Travego dilahirkan pada tahun 1999 yang merupakan pengembangan dari Daimler-Benz Bus (dikenal Mercedes Benz) bersama divisi Bus K√§ssbohrer (Lebih terkenal sebagai pembuat bus Setra) dan penggabungan ini terkenal dengan Evobus GMBH hingga saat ini.

Evobus GMBH

Model Travego pertama dapat dilihat dari Selendang /granis nya lebih tegak dan berhenti pada pilar pintu, ukuran selendang lebih kecil, dan juga bagian kaca belakang menyudut  naik keatas, tanpa ada sideroof, tetapi yang paling terlihat adalah model lampunya baik lampu depan dan lampu belakang. Mercedes Benz Tarvego tersedia dengan mesin enam silinder in-line (354 HP dan 408 HP) atau dengan mesin V8 (476 HP).

Mercedes Benz Travego (1999)

Mercedes Benz Travego (1999)
Mercedes Benz Travego (1999)

Mercedes Benz Travego (1999)
Mercedes Benz Travego (1999)

Mercedes Benz Travego (1999)
Mercedes Benz Travego (1999)

Selanjutnya di tahun 2005 Mercedes Benz Travego di segarkan kembali dengan memberikan sedikit polesan pada Perubahan lampu depan dan Lampu belakang yang lebih tegas di tambahkan 3 garis yang menyatu dengan lampu belakang pada pintu bagasi engine, merubah seledang menjadi lebih besar dan posisinya lebih miring hingga memotong pilar pintu dan juga tambahan sideroof.

Mercedes Benz Travego (2005)


Mercedes Benz Travego 2005
Mercedes Benz Travego 2005

Mercedes Benz Travego 2005
Mercedes Benz Travego 2005

Saat ini Mercedes-Benz berkonsentrasi pada produksi bus yang terpisahkan di Jerman dan Turki, dan produksi chassis di Spanyol dan Brasil. Dan Industri manufaktur lainnya di seluruh dunia seperti di Perancis dan Argentina.

Karena kesuksesan Mercedes Benz dengan Travegonya banyak karoseri di Indonesia mencoba mengikuti model tersebut, ada yang benar-benar merealisasikan 90% mirip atau dengan beberapa polesan di beberapa bagian. Nah kali ini akan kami coba bagikan produk-produk yang berkiblat dari model Mercedes Benz Travego.

1. Royal Coach - Karoseri Adi Putro

Produk dari karoseri Adi Putro dengan Nama Royal Coach saat ini lebih eksis dengan Jetbus pada dasaranya diilhami dari Model Mercedes benz Travego akan tetapi secara proporsi tidak sama persis dengan kata lain Adi Putro dengan Royal Coachnya sudah menyesuaikan baik dimensi dan model dengan pasar Indonesia.

Royal Coach Old Travego
Dimulai tahun 2000 an Adi putro mengusung model Old Travego yang memberikan penyegaran industri bus Indonesia, sebagai contoh PO OBL Safari Dharma Raya, PO Kramat Djati dan beberapa PO Lainnya di indonesia disisi Old Travego Adi putro tidak 100% mengadopsi model dari Old Travego Mercedes benz dapat di lihat pada Wheel House Old Travego Adiputro memiliki model tidak setangah lingkaran melainkan memiliki sudut seperti setengah segi enam dan juga head lamp dan rear lamp juga berbeda dari Old Travego Mercedes Benz.

Old Travego PO Safari Dharma Raya Adiputro
Old Travego Safari Dharma Raya

Old Travego PO Kramat Djati Adiputro
Old Travego PO Kramat Djati

Eksistensi dari model Old Travego Adiputro surut setelah kemunculan New Setra yang mengisi model-model bus Indonesia saat itu. Tapi apakah benar masa kejayaan Old Travego sirna? ternyata setelah menelusuri di milis Bismaniaorg kami menemukan pembahasan mengenai missing link Travego Adiputro / Royal Coach.

Neo Classic Travego
Ditahun 2005 - 2008 model bus indonesia yang diisi dengan model-model New Setra ternyata masih ada beberapa model Travego yang masih berjaya yaitu dari PO Sumber Harapan yang dinamai Neo classic Travego, tapi apakah ini produk resmi dari AdiPutro? itu yang masih menjadi misteri, tapi kami percaya Neo Classic Travego merupakan hasil evolusi dari model Travego yang melegenda.

Neo Classic Travego PO Sumber Harapan
Neo Classic Travego PO Sumber Harapan
Dari foto bus PO Sumber Harapan dapat dilihat beberapa titik yang menjadi bentuk dari sebuah evolusi Old Travego ke New Travego.

  • Sisi selendang lebih besar (New Travego) tetapi terhenti di Pilar B / Pintu (Old Travego)
  • Wheel House Ciri khas Old Travego
  • Side Roof (New Travego)
Royal Coach New Tarvego
Generasi kejayaan Karoseri Adiputro berlanjut dengan kemunculan Royal Coach New Travego sebelum di kenal dengan Jetbus dan Jetbus HD (High Deck) .
Seperti halnya Nenek moyangnya Mercedes Benz New travego, Royal Coach New Travego juga merubah beberapa garis design nya yang terutama pada sisi selendang / garnis yang lebih lebar dan lebih miring menembus pilar B pintu yang berkesan aerodinamis serta tambahan side roof dan pastinya lampu depan dan belakang juga berevolusi.

Royal Coach New Travego Kramat Djati
Royal Coach New Travego Kramat Djati
Royal Coach New Travego Rosalia Indah
Royal Coach New Travego Rosalia Indah

Royal Coach New Travego Rosalia Indah
Royal Coach New Travego Rosalia Indah
Pada model Royal Coach New Travego head lamp menggunakan lampu model memanjang dari sisi kiri ke sisi kanan. serta rear lamp terbagi menjadi 3 dan sisi belakang kaca samping sudah lebih landai di banding Old Travego.

Royal Coach New Marcopolo
Selanjutnya setelah kesuksesan Old Travego Karoseri Adi putro munculah polesan terbarunya dengan model lampu Marcopolo yang lebih lebar dengan LED di sisi lampu. model Royal Coach New Marcopolo ini sempat menjadi primadona dimasanya sekitar tahun 2009-2011 di Indonesia.

Royal Coach New Marcopolo PO Shantika
Royal Coach New Marcopolo PO Shantika

Royal Coach New Marcopolo PO Shantika
Royal Coach New Marcopolo PO Shantika
 Dari perubahan sisi kaca samping dan belakang masih sama dengan Royal Coach New Travego, hanya pada lampu depan dan belakang yang mendapat polesan sisi lain masih sama.

JETBUS / JETBUS HD
Ditahun 2011 Karoseri Adiputro menuai kejayaan kembali dengan Brand Royal Coach yang lebih eksis dengan nama Jetbus yang berawal di gunakan oleh PO Kerub dan GMS kemudian di susul PO - PO besar di Indonesia.
JETBUS yang berawal dari sebuah sebutan saja yang menempel pada kaca depan ternyata memiliki kekuatan pemasaran produk yang luar biasa, ini merupakan sebuah kebetulan atau memang ini sudah Hoki karoseri Adiputro??
Pada model Royal Coach Jetbus terdapat perubahan di muka yang memiliki nilai jual tinggi, head lamp yang di padukan dengan fog lamp seperti berbentuk sayap kupu-kupu atau apalah itu menyebutnya.. ternyata sangat manis dilihat dan menjadi trend di dunia bus indonesia.

Royal Coach Jetbus Adiputro
Royal Coach Jetbus Adiputro
Royal Coach Jetbus Adiputro
Royal Coach Jetbus Adiputro

Royal Coach Jetbus Adiputro
Royal Coach Jetbus Adiputro
Kesuksesan Jetbus sebagai brand Karoseri Adiputro semakin meningkat dengan muncul nya trend Jetbus HD (High Deck) dimana proporsi bus dengan lantai yang tinggi kurang lebih 15 cm dari standar bus pada umumnya.
Kelebihan dari model High Deck adalah posisi lantai yang naik sehingga bus memiliki model pintu kolong atau di bawah kaca, kemudian bagasi barang lebih leluasa, Trend High Deck didukung dengan munculnya teknologi Chassis Space frame sehingga bagian bagasi barang benar-benar luas. Chassis model seperti ini sedang menjadi yang paling di cari, sebagai contoh Mercedes Benz OH 1830 yang disusul dengan Mercedes Benz OH 1626 dan juga perbaikan dari OH 1830 yaitu Mercedes Benz OH 1836.

Tipe model Chassis modular seperti ini bukan hanya dari Mercedes Benz melainkan Scania seri K124IB, Hyundai dan China pun juga menggunakan model ini sebagai contoh Ankai dan masih banyak lagi.(Kami akan membahasan space frame di sesi lainnya.)

Selain dari pada itu dengan muncul Jetbus HD ini banyak PO di Indonesia berlomba-lomba untuk memiliki model bus yang satu ini, karena memang model ini sangat menarik sampai-sampai hampir setiap menit jika kita di jalan, kita sering menjumpainya.
Kelebihan lainnya adalah posisi toilet yang berada ditengah dan lebih rendah dari pada lantai, dan juga penumpang di manjakan agar dapat menikmati pemandangan tanpa harus terhalangi oleh supir bus. 
Model Jetbus sangat cocok sekali untuk bus-bus pariwisata dan juga untuk bus kelas eksekutif. Tidak salah lagi Adiputro menguasai pasar bus di Indonesia karena selain model yang sudah kuat dari Mercedes Benz kualitas Adi putro tidak perlu di tanya lagi.

Jetbus HD Rosalia Indah Adiputro
Royal Coach Jetbus HD Rosalia Indah Adiputro
Royal Coach Jetbus HD PO Rosalia Indah
Royal Coach Jetbus HD PO Rosalia Indah

Kaca belakang Jetbus HD memiliki garis design menyudut yang sebelumnya lebih smooth dan masih banyak lagi variasi yang ditawarkan oleh Adi putro, yang akan kami bahasa pada sesi berikutnya. :)

Jadi menurut Anda ini merupakan Kesuksesan 
Mercedes Benz Travego atau Royal Coach Adi putro?



Karena Artikel ini terlalu panjang saya kira akan kami lanjutkan pada artikel berikutnya, ikuti terus update dan info-info terbaru dari kami. Jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi bisa tinggalkan komentar di bawah.

Next Post
1. Model-model Jetbus HD
2. Mercedes Benz Travego Sang Legenda | #Part2

Sumber:

http://adiputrogroup.com
http://groups.yahoo.com/group/BisMania/message/39998
http://www.darahkubiru.com/forum/viewtopic.php?f=8&t=8113
http://i750.photobucket.com/albums/xx141/dodo2528/DSC01603.jpg
http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=4291&page=8
http://didiksalambanu.wordpress.com/page/11/
http://imageshack.us/photo/my-images/221/img8050o.jpg/
http://www.bismania.com/home/archive/index.php/t-5021.html
Bagikan artikel :

18 komentar :

  1. Jadi belajar sejarah travego ni... sang legendaris

    BalasHapus
  2. Mantab kakak Tentang pembahasannya... *jempol*

    BalasHapus
  3. Ada ga karoseri indonesia yg ga mengadopsi model dari luar??

    BalasHapus
  4. Min, kayanya RS belum mengadopsi model Travego deh cmiww hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mirip banget ama Travego sih engga, tapi sedikit nyenggol Travego kaykanya si Concerto Rahayu sentosa.

      Tapi biar mantap mari berburu info dulu di Google dl :)

      Thanks infonya :)

      Hapus
  5. Luarr biasa adi putro..
    Sudah jelas ini adalah kesuksesan adi putro dengan karyanya..

    BalasHapus
  6. Min setelah bahas 1836 trus skarang bahas travego, mimin mercy banget deh.. kapan bahas MAN R37 atau Scania k360ib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legacy dari laksana sepertinya tidak terpengaruh model-model bis luar negeri, hanya model lampu yang masih impor jadi tetap ada kesamaan dngan bus dari luar. Setuju sama Om Mlipir, kayaknya perlu bahas juga Scania K360ib Min.

      Hapus
    2. Haha.. miminya lg bad mood, blm bisa nulis :) Om mlipir yang nulis ya :p

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Informasi tentang sejarah travegonya bagus, ulas juga produk karoseri yang lain.

    BalasHapus
  9. siip banget mimin buat pengetahuannya..
    lanjut terus..

    BalasHapus
  10. mantap ulasannya........keren adiputro.....bravo dan sukses terus busmania

    BalasHapus
  11. Mengenal sejarah sang masterpices travego ...semoga tambah ilmunya

    BalasHapus
  12. travego itu body buatan adi putro atau body asli buatan mercedez benz nya sendiri kah gan ? kurang paham aku. mohon pencerahan dong soal travego ini

    BalasHapus
  13. Kalo travego itu penamaan salah satu jenis bus produk asli mercy jerman, dan kalo di indonesia dg body yg mirip2 travego ya salah satu,a adalah produk adi putro, dg nama jetbus

    BalasHapus

 
Support : Karoseri Indonesia | Twitter | Facebook
Copyright © 2013. KAROSERI INDONESIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
-->